Perawatsupri

Stress, Koping dan Adaptasi

Posted on: Agustus 12, 2008

Ketika kita mendengar kata stress, terbayang sudah sesuatu hal yang menakutkan, serem, penderitaan, kesakitan dan banyak lagi terminologi yang digunakan orang. pokoknya sesuatu yang diluar jangkauan kemampuan kita untuk memikirkannya. Apakah harus seperti itu yang dikatakan stress?

Pada hal-hal tertentu bisa dikatakan “YA”, tapi tidak semua kondisi stress harus demikian. Orang yang mengalami stress berarti orang itu sedang kena masalah. Masalah disini artinya ia sedang memikirkan, menghadapi atau akan menemui sesuatu yang belum pernah dia alami sebelumnya. Masalah penyebab stress sering disebut dengan stressor dan itu bisa berasal dari pikiran seseorang, bisa berasal dari luar dirinya baik lingkungan ataupun hal-hal yang ada disekitar kita. Jadi, lebih mengarah pada hal-hal yang berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari-hari.

Setelah memikirkan, menghadapi atau berpikir akan menghadapi hal-hal itu, mungkin orang akan menemukan cara penyelesaiannya atau mungkin juga ia berkata, “sudahlah, kenapa dipikirkan”. Ini dinamakan dengan koping. Jadi koping identik dengan cara yang digunakan orang untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Dengan koping masalah bisa teratasi, hilang atau hanya hilang sementara dari ingatannya yang kemungkinan akan muncul lagi kalau ada yang mencetuskannya, bahkan tidak hilang sama sekali sehingga orang akan jatuh pada kondisi dimana ia tidak bisa berbuat apapun atau berpikir tentang hal lain kecuali masalah itu. Ini yang berbahaya, karena berarti proses pikirnya telah terganggu, orang bisa mengalami gangguan kejiwaan.

Pada kondisi lain kita sering melihat, keluarga Bpk. A itu hidupnya pas-pasan, rumah kontrakan, untuk makan saja harus pinjam sana-pinjam sini. pokoknya secara umum mengatakan kehidupannya serba kekurangan. Akan tetapi keluarga itu adem-ayem saja, tidak pernah terdengar cek-cok dan ketika ditanya Bpk. A menjawab, “Hidup ini adalah perjuangan, tidak ada yang perlu disesalkan. Yang penting kita terus berusaha, menyesuaikan dengan kondisi, tidak putus asa dan mensyukuri ni’mat yang telah Diberikan. Ini menggambarkan bahwa keluarga itu telah adaptasi dengan kondisinya dan pada saat ini bisa dikatakan keluarga Bpk. A sehat secara psikologis. Akan tetapi bisa saja akan menjadi stress kalau masalah yang dihadapi lebih berat dan masih menggunakan cara pandang yang sama.

Kesimpulannya adalah setiap stress harus diselesaikan saat ini dan sekarang juga, gunakan koping yang baik serta adaptasilah dengan keadaan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: